Kenyamanan Berbalut Kemewahan
Sekilas Volvo B12M
Volvo AB, demikian salah satu perusahaan otomotif terkenal asal Swedia. Dalam benak masyarakat Indonesia, brand name
Volvo ini lekat pada kendaraan eksklusif, kendaraan yang sering dipakai
dinas para pejabat negara setingkat menteri dan anggota dewan. Memang,
tradisi model yang formal dan cenderung konservatif menjadikan Volvo
selaras dengan segala yang bernuansa kedinasan. Lihat di era 90-an,
sedan-sedan Volvo banyak diparkir di depan kantor pemerintah.
Pada ranah Commercial Vehicle untuk
kategori heavy truck kita mengenal tipe-tipe Volvo seperti: FL7, FL10,
FM12 dan FH16 sudah ramai memadati jalanan pantura. Namun berbeda dengan
busnya, baru beberapa tahun terakhir ini mulai nampak di jalan raya
antar kota – bandingkan dengan bus Mercedes-Benz dengan seri OF dan OH
maupun Hino mulai dari seri AK, RK, RG dan RK8/260 yang telah lama akrab
di dunia transportasi antarkota Indonesia. Barangkali, bisa dibilang
Volvo terlambat membuka dan melakukan penetrasi pasar bus ketimbang dua
pabrikan tersebut. Apapun, kehadiran bus Volvo di negeri ini merupakan
satu hal yang meramaikan kompetisi antar mesin bus dan ditunggu-tunggu
masyarakat pengguna transportasi.
Volvo mulai menggebrak pasar bus Indonesia beberapa tahun lalu dengan seri B7R-nya, sebuah bus dengan mesin belakang dilengkapi air suspension dan
memenuhi standar Euro untuk uji emisi gas buangnya dan merupakan seri
Volvo yang paling banyak dipakai para pengusaha bus di Indonesia. Namun
varian yang satu ini, Volvo B12M sungguh berbeda, unik, inovatif
dan nyaris tidak pernah terlihat di Indonesia – meskipun di Eropa
merupakan produk yang sudah lama beredar. Betapa tidak, pada umumnya
bus-bus di Indonesia menggunakan mesin depan (front engine) atau mesin belakang(rear engine), tetapi B12M menggunakan mesin tengah (middle engine),
posisi mesin berada di pusat masa dari chasis. Apalagi ditunjang dengan
mesin besar 12.000 cc, sebuah kapasitas mesin yang sangat besar untuk
ukuran bus-bus Indonesia pada umumnya dan sejauh ini hanya Scania K124IB
dan MAN yang sejajar dengannya. Dengan output daya mencapai 420 Hp bisa
dibayangkan perkasanya Volvo B12M di jalan datar maupun medan tanjakan.
Fitur-fitur canggih melengkapi keistimewaan kendaraan ini, air suspension (lebih sering disebut suspensi balon) memanjakan penumpangnya serasa di atas sedan, ABS (Antilock Brake System) dan retarder (perangkat yang berfungsi menurunkan kecepatan secara mekanis untuk membantu fungsi pengereman) menjadikan value tersendiri
dari sisi kemanananya. Lebih ramah lingkungan dengan standar Euro untuk
emisi gas buangnya. Penampilan chasisnya kokoh dan elegan bisa dilihat
rangka baja berwarna abu-abu dari velg roda dalam cengkraman sepuluh
baut yang kesemuanya berlapis stainless steel.
Pertama di Indonesia
Mengutip website resmi PO. Nusantara, www.nu3tara.com
beberapa bulan lalu bahwa salah satu perusaan taransportasi terkemuka
di Indonesia ini menginformasikan telah menghadirkan chasis Volvo B12M
di pool bus mereka, Kudus. Foto chasisnya juga bisa diakses pada bagian
galeri website tersebut. Untuk pengerjaan karoseri, baik interior maupun
eksteriornya, mereka mempercayakan pada Adiputro, sebuah perusahaan karoseri
ternama di kota Malang. Kabar paling aktual, baru-baru ini penggarapan
bodi eksterior dan interior bus/karoserinya telah sempurna, bahkan bus
ini sudah dipamerkan kepada publik dalam acara Bus Exhibition di Bondiez Café, Jakarta yang
juga dihadiri beberapa Perusahaan Otobis dengan bus-bus kebanggaannya.
Peluncuran bus Volvo B12M yang pertama di Indonesia ini menambah
keanekaragaman transportasi bus di tanah air. Kedepan, sudah barang
tentu kita berharap bahwa Volvo B12M milik Nusantara bukanlah
satu-satunya di Indonesia, akankah PO-PO yang lain juga berminat untuk
[paling tidak] menjadikannya sebagai koleksi? Dengan demikian peluang
masyarakat, khususnya para penggemar bus untuk menikmati cita rasa
Skandinavia ini semakin lebar.
Cyber Bus, Hotel Berbintang dan Sarat Teknologi
Bus Volvo B12M milik Nusantara ini memang didesain serba khusus, mulai dari mesin tengah, silinder besar hingga “kesempurnaan”
badan bus berbeda dengan yang lain. Bus ini tidak diperuntukan melayani
trayek reguler antar kota. Bukan untuk Patas, VIP, eksekutif atau
super eksekutif sekalipun. Pihak manajemen hanya membuka kesempatan
kepada mereka yang berminat menyewa bus ini untuk berbagai keperluan
dengan layanan khusus dan harga khusus pula.
Melihat
tampilan luar, bodi Adiputro model terbaru dengan lampu depan futuristik
dengan gaya “senyum”. Tidak ketinggalan, pada kaca samping terdapat
garis – yang sangat populer di kalangan penggemar bus dengan istilah
“selendang” sebagai sebuah polesan yang menarik, seperti pada kebanyakan
produk Royal Coach E, Adiputro. Kesan “kalem” namun berwibawa terlihat
dari hamparan warna solid cokelat krem yang mengkilat dengan sedikit
stripping abstrak berwarna putih dengan sedikit gradasi. Semakin
impresif dengan tulisan VOLVO B12M berwarna perak dan logo Adiputro yang
tertempel secara emboss pada permukaan bodi.
Menilik
ke dalam, interior bus mewah ini sungguh luar biasa, layaknya sebuah
kamar hotel berbintang. Fasilitas AC, reclining set dan toilet pada
sebuah bus itu sudah biasa. Bagi bus-bus kelas eksekutif ketiga
hal tersebut adalah keharusan, namun pernahkah anda membayangkan sebuah
bus dilengkapi dengan kamar tidur, sofa, kursi pijat, dinner set,
kulkas, home theater, TV layar lebar dan ruang presentasi? Begitulah
keberadaan Volvo B12M, bus khusus yang menjadi kenyataan hari ini.
Lebih
dari sekedar kemewahan, ada hal yang lebih fenomenal yang kita dapati di
dalamnya. Di era post modern seperti sekarang, ketika teknologi
informasi mengalami percepatan luar biasa dan komunikasi berlangsung
setiap saat, tanpa batas dalam kondisi diam ataupun
bergerak menuntut keberadaan perangkat keras dan lunak yang secara
terpadu membangun sistem untuk mendukungnya, terpasang di setiap wahana
dimana kita berada di dalamnya, termasuk di dalam sebuah bus. Volvo B12M
milik Nusantara seakan menjawab tantangan ini dengan mengusung konsep
cyber bus. Bus “impian” ini dilengkapi dengan access point dengan koneksi internet berkecepatan tinggi memanfaatkan broadband 3.5 G – HSDPA (High Speed Downlink Packet Access)
kerja sama dengan PT. Indosat , sehingga penumpang dimanjakan dengan
kenyamanan dalam menikmati perjalanan sembari berselancar di dunia maya
tanpa kendala. Nuansa sarat teknologi semakin nyata dengan keberadaan
sistem navigasi GPS (Global Positioning System) yang memungkinkan
mobilitas bus ini dapat terpantau secara real time, kapanpun dan dimanapun disamping memberi bantuan navigasi kepada sang driver agar tidak tersesat.
No comments:
Post a Comment