sistem pengereman motor |
Nah terkadang rem motor terasa bagel, penyebab umumnya karena kotoran
yang menempel di piston kaliper. Tinggal bongkar kaliper, terus
bersihkan. Biasanya karena karat jadi piston kaliper gak mau balik lagi.
Tapi buat yang kurang puas dengan sistem rem bawaan motor, bisa
di-upgrade kemampuannya. Upgrade pengereman bisa dilakukan secara
bertahap dengan mengganti salah satu komponennya. Misal, tahap pertama
ganti master rem, tahap kedua slang rem, ketiga cakram lebar, dan
seterusnya. Untuk jelasnya silakan simak di sini.
Tahap Pertama
Masih ringan, cukup ganti master rem pakai merek aftermarket. Di pasaran
ada Brembo untuk merek branded dengan harga tinggi, hingga KTC dan KRS
untuk harga lebih terjangkau. Harganya dari Rp 300 hingga 4,5 jutaan.
Tinggal pilih sesuai isi kantong bro. Master rem aftermarket umumnya
punya kemampuan tekan minyak rem lebih besar dan handel empuk ketika
ditarik. Selain itu ada fitur pengaturan jarak handel supaya lebih mudah
difungsikan.
master rem dan selang rem |
Tahap Kedua
Selain part yang ada di tahap pertama, di tahap kedua ini masuk upgrade
rem ketegori sedang. Penambahannya cakram lebar dan kampas rem racing.
Cakram lebar punya bidang gesek yang lebih besar, dan kemampuan buang
panas lebih baik.
cakram lebar dan kampas rem |
Juga pastinya lebih pakem karena perbandingan putaran roda dan cakram
semakin mengecil. Lalu jodohnya kampas rem racing dong. Bedanya dengan
kampas standar ada di material kampas yang punya daya gigit cakram lebih
baik, tanpa merusak cakram itu sendiri.
Tahap Ketiga
Proses akhir dari upgrade sistem rem nih. Setelah penggabungan tahap
pertama dan kedua, maka penambahannya kaliper rem aftermarket dan minyak
rem. Untuk harian cukup pakai kaliper dengan dua atau empat piston yang
bergerak kanan-kiri (roda depan), bukan salah satu sisi seperti kaliper
rem bawaan motor umumnya. Dengan begitu kemampuan tekan cakram makin
kuat dan merata dari kedua sisi.
minyak rem dan kaliper variasi |
No comments:
Post a Comment