Berikut ini adalah perbedaan motor 2 tak di lihat dari cara kerja mesin yaitu
- Untuk mendapatkan 1 kali tenaga hasil dari pembakaran gas, motor 2 tak ini memerlukan 2 kali gerakan piston naik dan turun, dengan sekali putar poros engkol Dimana penjelasannya yaitu:
1)
TAK 1 : proses masuknya gas, pemampatan dan pembakaran gas (piston
bergerak dari TMB menuju TMA) 2) TAK 2 : proses kerja, kompresi
karter, buang dan cuci/bilas (piston bergerak ke bawah, TMA menuju TMB)
Ditinjau dari jenis bahan bakar yang dipakai dan konstruksi silinder
- Bahan bakarnya selalu di campur dengan oli, baik secara langsung ke dalam tangki bensin ataupun dengan cara terpisah.
- tidak memiliki katup, sebagai gantinya adalah red valve untuk mengatur masuknya gas ke dalam ruangan cylinder.
- Setiap piston hanya mempumyai 2 buah ring yaitu ring compressi I dan ring compressi II.
- Setiap cylindernya memiliki 2 macam compressi yaitu compressi cylinder (primer) dan carter(sekunder)
Kelebihan dan kekurangan motor 2 tak
- a. Keuntungan
1)
Proses pembakaran terjadi setiap putaran poros engkol, sehingga putaran
poros engkol lebih halus untuk itu putaran lebih rata. 2) Tidak
memerlukan katup, komponen lebih sedikit, perawatan lebih mudah dan
relatif murah 3) Momen puntir untuk putaran lanjutan poros lebih
kecil sehingga menghasilkan gerakan yang halus 4) Bila dibandingkan
dengan mesin empat langkah dalam kapasitas yang sama, tenaga yang
dihasilkan lebih besar
- b. Kerugian
1)
Langkah masuk dan buang lebih pendek, sehingga terjadi kerugian langkah
tekanan kembali gas buang lebih tinggi 2) Karena pada bagian
silinder terdapat lubang-lubang, timbul gesekan antara ring piston dan
lubang akibatnya ring piston akan lebih cepat aus. 3) Karena lubang
buang terdapat pada bagian silinder maka akan mudah timbul panas
4) Putaran rendah sulit diperoleh 5) Memakai oli pelumas
tambahan untuk campuran bahan bakar
Berikut ini adalah perbedaan motor 4 tak di lihat dari cara kerja mesin yaitu
- Untuk mendapatkan 1 kali tenaga hasil dari pembakaran gas, diperlukan 4x gerakan piston naik dan turun dengan 2 kali putaran poros engkol. Penjelasannya yaitu:
1) TAK 1 : Gerak isap (piston bergerak dari TMA menuju TMB)
2) TAK 2 : Gerak kompresi/pemampatan (piston bergerak dari TMB menuju TMA)
3) TAK 3 : Gerak tenaga (piston bergerak dari TMA menuju TMB)
4)
TAK 4 : Gerak Buang Sisa Pembakaran (piston bergerak dari TMB menuju
TMA) Ditinjau dari jenis bahan bakar yang dipakai dan konstruksi
silinder
- Bahan bakarnya bensin/pertamax murni (tidak dicampur)
- Setiap cylindernya memiliki 2 buah atau 4 buah katup
- Cylindernya hanya memiliki 1 macam compressi yaitu compressi cylinder
- Setiap piston memiliki 3 buah ring yaitu : ring compressi I, ring compressi II, rong oli. Ketiga ring ini sangat berguna untuk membantu pelumasan pada piston.
Kelebihan dan kekurangan Motor 4 Tak
- a. Keuntungan
1)
Karena proses pemasukan, kompresi, kerja, dan buang prosesnya berdiri
sendiri-sendiri sehingga lebih presisi, efisien dan stabil, jarak
putaran dari rendah ke tinggi lebih lebar (500- 10000 rpm). 2)
Kerugian langkah karena tekanan balik lebih kecil dibanding mesin dua
langkah sehingga pemakaian bahan bakar lebih hemat. 3) Putaran
rendah lebih baik dan panas mesin lebih dapat didinginkan oleh sirkulasi
oli 4) Langkah pemasukan dan buang lebih panjang sehingga
efisiensi pemasukan dan tekanan efektif rata-rata lebih baik 5)
Panas mesin lebih rendah dibanding mesin dua langka
- Kerugian
1)
Komponen dan mekanisme gerak katup lebih kompleks, sehingga perawatan
lebih sulit 2) Suara mekanis lebih gaduh 3) Langkah kerja
terjadi dengan 2 putaran poros engkol, sehingga keseimbangan putar tidak
stabil, perlu jumlah silinder lebih dari satu dan sebagai peredam
getaran.
No comments:
Post a Comment