kapasitor pada motor Injeksi |
Yang menggunakan kapasitor kebanyakan merupakan tipe menengah ke bawah,
contohnya jajaran skutik seperti BeAT FI, Scoopy FI, Vario 125 dan BeAT
FI. Jajaran sport seperti New MegaPro FI, CB150R dan Verza 150. Ciri
utamanya pakai kick starter.
kiprok matic dan bebek Injeksi Honda |
Ini sebenarnya berasal dari hasil survey, kebanyakan pemakai motor kelas
menengah ke bawah saat aki drop belum tentu mau langsung ganti aki,
makanya dikasih back up pakai kapasitor biar sistem injeksi tetap bisa
bekerja. Jadi kalau aki drop atau mati di lokasi terpencil motor pun
tetap bisa nyala.
Masih menurutnya, untuk pengguna motor injeksi kelas atas seperti
CBR150R, CBR250R, PCX beda karakter. Saat aki drop disuruh ganti aki
pasti langsung mau, makanya tak pakai kapasitor. Dan juga tak ada kick
starter, karena kalau ada pun percuma mesin enggak bakalan hidup,
didorong juga pasti enggak akan menyala.
Benarkah jika aki drop atau mati motor injeksi dengan kapasitor tetap
bisa hidup? Langsung deh dites. Kelinci percobaannya pakai New MegaPro
(NMP) FI.
kutub aki coba dilepas |
tegangan diukur dengan voltmeter |
Lepas soket dan cek pakai multitester. Untuk simulasi aki drop atau
kondisi ekstrem mati, kutub aki sengaja dilepas. Saat kontak diputar ke
on tentu saja spidometer tetap mati karena tak ada suplai arus. Nyalakan
pakai kick starter, eh benar mesin menyala normal. Jarum takometer pun
bergerak normal. Tandanya arus cukup stabil.
dicoba menggunakan kick starter saja |
Sebagai info tambahan, fungsi aki dan kapasitor selain sebagai penampung
listrik, juga sebagai penyetabil tegangan yang disuplai dari
regulator/rectifier atau kiprok. Kalau aki drop yang ditakutkan adalah
adanya surge voltage atau lonjakan tegangan yang bisa merusak komponen
kelistrikan seperti ECU. Nah ternyata itu pula yang menjadi pertimbangan
Yamaha kenapa motor injeksinya tak dibekali kapasitor. Kalau aki drop
lebih disarankan ganti, karena khawatir merusak komponen kelistrikan
seperti ECU.
Saat drop sampai 10 volt, yang dicirikan adanya blinking di spidometer,
pemilik disarankan ganti aki. Tapi dalam kondisi demikian, motor tetap
masih bisa menyala pakai kick starter, karena sistem injeksi minimal
bekerja di 5 volt. Aki drop atau mati memang lebih baik ganti deh!
udah nyoba pasang kapasitor ke motor jupiter z1 tipe 1DY belum min.
ReplyDelete