Pembalap saling berbelok |
Ingin jadi jawara di ajang road race maupun drag bike? Selain mesin dan
setting motor yang mumpuni, kepiawaian joki dalam hal melakukan start
dan melahap tikungan, juga jadi salah satu pendukung keberhasilan.
Bagi pembalap road race, ragu atau bahkan minim pengetahuan dalam
melakukan start atau menikung, membuat pembalap di belakang lebih mudah
untuk menyalip. Sementara buat dragster, konsentrasi dan jaga
keseimbangan jadi kunci kemenangan.
Saat START
Untuk Road race, agar start dapat berjalan mulus dan mengungguli
pembalap lain, saat start putaran mesin dijaga untuk tetap stabil.
Supaya saat menunggu lampu start nyala hijau, mesin tidak ngedrop lalu
mati. Momen ini juga butuh rem belakang, tapi sedikit saja. Dengan mesin
spesifikasi kompetisi, tak menutup kemungkinan saat start ban depan
akan terangkat. Nah untuk mengantisipasi-nya, badan rider kudu agak
condong ke depan.
start road race |
Untuk drag bike, start benar-benar jadi penentu keberhasilan seorang
dragster. Tak cukup bermodal nyali gede buat buka gas, joki drag bike
bisa dapat catatan waktu tercepat. Konsentrasi mata pada lampu start dan
refleks tangan buat tarik gas, sangat dibutuhkan. Khusus saat buka gas,
cukup setengah dulu. Kalau start langsung gas pol, ban depan akan
terangkat. Akibatnya, waktu bisa berkurang.
start drag bike gantung gas dan mata fokus ke lampu start |
Layaknya start di road race, joki drag bike juga memastikan putaran
mesin tetap stabil. Rem belakang pun sedikit difungsikan, agar besutan
tak melebihi garis start yang berakibat diskualifikasi. Saat start, joki
drag bike juga harus jaga keseimbangan. Cara yang paling sering
dilakukan untuk menjaga tunggangan tetap balance saat start, dengan
tetap memposisikan kaki kanan tak langsung nangkring di footstep. Namun
itu hanya beberapa meter selepas start saja atau sampai tunggangan
melaju seimbang.
saat baru keluar start awal melaju kaki menahan untuk jaga keseimbangan |
Melahap TIKUNGAN
Dengan trek yang cuma lurus, joki drag bike tak perlu jago nikung.
Sedang buat joki road race, butuh keterampilan khusus agar mulus melibas
tikungan. Seperti membiarkan putaran mesin tetap tinggi dan sedikit
pakai rem belakang.
tikungan di road race |
Saat menikung, rem belakang jangan ditarik habis. Pasalnya akan membuat
beban mesin berlebih saat keluar tikungan sembari membuka gas. Bila itu
dilakukan, besutan akan telat melaju. Kita harus pastikan beberapa meter
sebelum ketemu tikungan posisi tunggangan ada di sisi luar trek. Baru
bila dirasa sudah dekat tikungan, ambil sisi bagian dalam trek. Selain
hal-hal tersebut di atas, jam terbang tinggi juga membuat joki road race
dan drag bike punya skill tinggi buat urusan start juga melahap
tikungan.
No comments:
Post a Comment